Thursday, December 5, 2013

Dahysatnya Manfaat Jamur Tiram Bagi Manusia

Dahysatnya Manfaat Jamur Tiram Bagi Manusia

Jamur tiram dengan nama lain Oyster Mushrooms (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu bahan makanan yang dewasa ini sedang naik daun, terlihat dari banyaknya bahan ini dipergunakan di bidang kuliner. Hal tersebut dikarenakan manfaat jamur tiram sungguh luar biasa, baik dari segi kesehatan maupun olahan yang dapat dibuat dari jamur tiram.

Manfaat jamur tiram sebagai olahan makanan dapat dimanfaatkan menjadi beragam masakan lezat seperti bakso jamur tiram, sup, sate, keripik, nugget, botok jamur tiram, rendang dan aneka olahan lainnya yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Oleh sebab manfaat jamur tiram sangat banyak sekali, kandungan gizinya yang juga tinggi, kebanyakan masyarakat Indonesia mulai memburunya untuk dijadikan bahan pangan favorit.

Jamur tiram juga merupakan komoditas pertanian yang dapat dibilang paling rendah kandungan kimia/pestisidanya, karena dalam proses produksi tidak melibatkan pupuk kimia sintetis, atau jikalau memakai, perbandingannya sangat kecil sekali.

Juga ketika proses produksi atau perawatannya, jamur tiram tidak memerlukan bahan-bahan pestisida yang banyak bahkan ada yang tidak menggunakannya. Hama pada jamur tiram biasanya adalah larva nyamuk. Petani ada yang mencegah hama ini supaya tidak hinggap di baglog (media tanam jamur tiram) menggunakan teknik jebakan (plastik bening diisi air lalu dilumuri lem serangga agar nyamuk menempel disana dan tidak bertelur dibaglog). Namun, petani yang memakai pestisida pun kadarnya sangat rendah.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Industri Thailand melakukan penelitian terhadap kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram. Hasilnya, dalam 100 gram jamur tiram segar mengandung fosfor 17 mg, protein 5.94 gram, lemak 0.17 gram, kalsium 8.9 mg, vitamin B2 0.75 mg, vitamin V 12.4 mg, vitamin B1 0.75 mg, zat bese 1.9 mg, karbohidrat 50.59 gram, serat 1.56 gram dan kalori 45.65 kj. Juga merujuk terhadap Fruit Product Order and Prevention of Food Adulteration Act yang menetapkan seberapa besar kandungan logam pada makanan yang aman dikonsumsi (1954), ternyata jamur tiram memiliki kandungan logam yang jauh dibawah ambang batas.

Tak heran mengapa manfaat jamur tiram bagi kehidupan manusia sungguh menakjubkan, kualitas gizinya lebih bagus jika dibandingkan dengan daging ayam dan harganya lebih murah daripada daging ayam.

Sedangkan manfaat jamur tiram apabila dimanfaatkan untuk kesehatan manusia adalah sebagai berikut:

Berdasarkan penelitian yang dipimpin seorang ahli gizi dari Penn State, Joy Dubost pada tahun 2010. Diketahui bahwa jamur tiram berfungsi sebagai antioksidan karena memiliki kandungan ergothioneine yang dapat melindungi sel-sel di dalam tubuh. Hebatnya lagi, kandungan jamur tiram levelnya tidak berkurang ketika dimasak. 13 mg ergothioneine tersaji dalam 3 ons jamur tiram.

Diyakini bahwa senyawa pluran dapat berfungsi sebagai antitumor dan antioksidan. Pluran ini juga terdapat pada jamur tiram, sehingga penyakit kanker atau tumor dapat dicegah apabila seseorang rajin  mengkonsumsi jamur tiram.

Berdasarkan penelitian lainnya di tahun 1997 dan dipublikasikan dalam "Journal of Agricultural and Food Chemistry." Jamur tiram memiliki senyawa aktif benzaldehyde yang diyakini memiliki manfaat sebagai efek antibakteri.

Jamur tiram memiliki kandungan serat berupa lignoselulosa yang cukup tinggi yaitu sekitar 1,56 persen berat basah atau 7,4-24,6 berat kering, sehingga bagus sekali untuk meningkatkan aktivitas sistem pencernaan, dengan begitu cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan gizi yang telah dipaparkan diatas, diyakini bahwa jamur tiram dapat juga dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam penyakit berat seperti kolesterol tinggi, lever, diabetes dan anemia. Kekebalan pada tubuh Anda pun dapat meningkat jika sering mengkonsumsi jamur tiram, terlebih bagi yang tinggal di udara berhawa dingin sehingga lebih kebal terhadap penyakit flu.

Itulah beberapa manfaat jamur tiram yang saat ini bisa saya jabarkan, setelah mengetahui bahwa manfaat jamur tiram begitu banyak. Maka mulai saat ini Anda wajib menjadikan jamur tiram sebagai menu favorit keluarga. Silahkan kunjungi Katalog Jamur Tiram untuk mendapatkan aneka produk jamur tiram.

*Dari berbagai sumber.
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates