Monday, December 2, 2013

Tips Nyaman Melakukan Travelling

Tips Nyaman Melakukan Travelling

Berikut adalah poin-poin penting tentang bagaimana cara melakukan travelling yang nyaman, referensi saya ambil dari berbagai sumber.
  • Kenalilah terlebih dahulu kebudayaan apa yang dimiliki masyarakat dimana tempatnya akan Anda kunjungi, sehingga Anda akan mudah beradaptasi dan diterima dengan baik oleh mereka. Anda bisa mencari referensi menggunakan teknologi mbah Google atau bertanya kepada teman, kerabat atau keluarga Anda yang pernah pergi ke tempat yang akan Anda kunjungi.
  • Jika Anda melakukan travelling ke luar negeri, amankan dokumen-dokumen penting seperti paspor, visa, tiket pesawat, dan lain semacamnya. Masukkanlah ke dalam tas pinggang tipis dan tutupi dengan baju Anda (tas yang menempel di perut).
  • Pisahkan uang Anda di setiap tempat yang aman, jangan menaruh semua uang Anda hanya dalam dompet atau dalam satu tempat saja. Jadi, apabila terdapat hal buruk menimpa Anda seperti kecopetan, Anda tidak akan kehilangan semua uang Anda.
  • Untuk menghindari barang-barang Anda tercampur atau tertukar dengan orang lain dimana pun itu, Anda perlu menandai setiap barang-barang Anda seperti menggunakan stiker nama Anda.
  • Buatlah salinan (foto copy) dokumen-dokumen penting Anda dan simpan di tempat aman seperti di bagian dalam koper atau ransel Anda. Karena  meskipun Anda telah mempersiapkan diri untuk mengamankan dokumen penting Anda seperti menyimpannya dalam tas pinggang tipis seperti dicontohkan di atas, namun musibah bisa terjadi kepada siapa pun, dimana pun alias tak terduga. Jadi, lebih mudah bagi Anda untuk membuat/mengganti baru dokumen-dokumen tersebut karena dapat menunjukkan bukti otentik  atau memverifikasi kepemilikan Anda jika Anda memiliki salinan dokumennya.
  • Hanya membawa pakaian sesuai dengan cuaca pada destinasi tujuan travelling Anda, sehingga Anda dapat menyimpan lebih banyak ruang di koper atau ransel Anda.
  • Jika Anda akan pergi jalan-jalan sedangkan barang-barang Anda disimpan di tempat penginapan. Anda harus selalu memastikan semua pintu dan jendela kamar Anda terkunci dengan aman.
  • Jangan pamer perhiasan atau menunjukkan barang-barang mahal lainnya di sembarang tempat untuk menghindari terjadinya perampokkan.
  • Selalu hubungi keluarga atau orang penting di rumah Anda di manapun Anda berada, oleh sebab itu Anda harus selalu meninggalkan nomor Anda kepada mereka saat Anda bepergian jauh dari rumah terlebih apabila ke luar negeri.
  • Selalu membawa obat-obatan pribadi untuk pertolongan pertama.
  • Masih banyak orang-orang kita yang belum terlalu memperhatikan bahwa asuransi itu penting sekali. Jika bisa, gunakanlah asuransi perjalanan karena bisa menolong Anda jika Anda mengalami musibah yang tidak diinginkan, sehingga kerugian yang Anda dapat bisa diganti/diringankan bebannya oleh perusahaan asuransi Anda.
Happy Travelling!!

Kredit foto: Moyan Brenn
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates