Monday, January 20, 2014

Tutorial Dasar Wordpress (WP) 3.8

Tutorial Dasar Wordpress (WP) 3.8

CARA MENGAKSES DASHBOARD WP

Buka browser dan ketik domain Anda, kemudian ketik /wp-login.php di belakang domain Anda. Contoh apabila domain Anda adalah www.contoh.com, maka jadi seperti ini www.contoh.com/wp-login.php, kemudian akan muncul window seperti berikut:

Masukkan username dan password yang telah dibuat melalui kolom yang diminta, lalu klik Log In. Maka Anda akan masuk ke dashboard wp yang kurang lebih seperti berikut:



CARA POSTING ARTIKEL

Terdapat dua cara melakukan posting artikel, cara pertama Anda bisa mengarahkan kursor ke arah menu New dan klik post pada menu drop down yang muncul.

Cara kedua Anda bisa mengarahkan kursor ke arah menu Post pada wilayah sidebar kiri lalu klik Add New pada menu drop down yang muncul.

Setelah itu akan muncul window baru seperti berikut:

·        Kolom hijau adalah area untuk mengetikkan judul postingan/artikel yang akan Anda buat
·   Kolom biru merupakan fitur layaknya fitur pada Microsoft Office agar tulisan Anda dapat dikreasikan sedemikian rupa, namun versi sederhananya. Klik menu Show/Hiden Kitchen untuk membuka fitur lainnya.
Sehingga menjadi seperti berikut:

·    Kolom Oranye merupakan kolom untuk mengisi konten tulisan dan foto atau audio dengan menggunakan konsep WYSIWYG (What You See Is What You Get), apa yang anda lihat adalah yang Anda dapatkan.
Jika Anda memahami kode-kode html, Anda dapat mengkreasikan konten Anda tersebut dengan cara mengganti tampilan visual menjadi text. Caranya cukup mengklik tab Text pada kolom biru.



 CARA MENAMBAH MEDIA FOTO ATAU AUDIO

Pada wp, Anda dapat menambahkan foto atau audio ke dalam konten Anda dengan sangat mudah. Caranya Anda tinggal menaruh kursor pada kolom tulisan sebelah mana yang ingin Anda tambahkan filenya lalu klik tab Add Media.

Maka akan muncul window baru seperti berikut:

Anda dapat menambahkan foto/audio dengan mencari file pada komputer Anda dengan mengklik tab select files, atau Anda dapat men-drop files (menarik gambar/audio) dari komputer Anda dan langsung meletakkan pada kolom tersebut disebelah manapun. Atau jika Anda ingin mengambil gambar/audio yang pernah di upload sebelumnya, Anda tinggal mencarinya pada menu Media Library. Sebagai contoh, penambahan foto melalui drop files akan seperti berikut:

Setelah Anda meletakkan foto tersebut, maka window yang terbuka akan menjadi seperti berikut:

·    Kolom title pada sidebar sebelah kanan menunjukkan nama foto yang Anda ambil dari komputer Anda. Andadapat mengubahnya jika ingin diubah.

·       Anda dapat memberikan judul foto agar nampak pada postingan dengan mengetikkan nama judul foto pada kolom Caption.

·         Pada kolom Description, Anda dapat menambahkan deskripsi singkat foto yang Anda upload tersebut.

·     Anda dapat menaruh foto tersebut pada sebelah kiri, kanan atau tengah tulisan dengan mengaturnya pada menu drop down Alignment.

·     Anda dapat menambahkan link url atau pun tidak terhadap foto tersebut dengan mengaturnya pada menu drop down Link To.

·     Anda dapat mengatur besaran foto tersebut menjadi Thumbnail, Medium atau Full Size pada menu drop down Size.

·     Jika sudah selesai, Anda tinggal mengklik tab menu Insert into Post (warna biru) sehingga menjadi seperti berikut:
Anda dapat membuat gambar tersebut sebagai pratinjau dalam postingan (thumbnail) dengan melakukan set featured image. Caranya tinggal scroll ke bawah pada laman posting artikel tersebut dan klik link menu set featured image.

Maka akan muncul pilihan gambar yang telah Anda upload, kemudian pilih mana yang akan Anda jadikan featured image dan klik tab menu Set Featured Image.

CARA MENAMBAH/MEMBUAT TAGS

Tags adalah referensi kata kunci yang berkaitan dengan judul artikel. Contoh jika judul artikel Anda adalah bunga mawar, tags bisa diisi dengan bunga rose, mawar merah, mawar grade A, dll. Fungsinya adalah agar diharapkan jika ada yang mencari kata kunci bunga rose, mawar merah, mawar grade A, dll (bukan kata kunci artikel Anda) di mesin pencari, maka mesin pencari dapat mereferensikan artikel yang berjudul bunga mawar tersebut pada hasil pencarian.

Cara menambahkan tags pada postingan artikel Anda adalah dengan cara mengetikkan langsung kata kunci yang Anda pilih pada kolom Tags.

Anda bisa membuat beberapa tags (kata kunci yang berkaitan dengan judul artikel) sebanyak yang Anda suka. Anda tinggal menambahkan koma (,) untuk setiap kata kuncinya. Namun, disarankan 3-5 tags adalah yang paling disukai mesin pencari.

CARA MEMBUAT/MENAMBAH KATEGORI

Kategori merupakan fitur untuk mengelompokkan postingan artikel Anda sesuai jenisnya. Misal, jika blog wordpress Anda tentang bunga, maka Anda dapat membuat kategori semisal mawar, anggrek, kaktus, dll. Fungsinya adalah untuk memudahkan seseorang yang mengakses situs Anda dalam melakukan pencarian konten.

Cara membuat kategori pada wp dapat dilakukan dengan mengklik link menu + Add New Category pada sidebar sebelah kanan ketika Anda hendak membuat postingan, lalu ketikkan category yang Anda inginkan dan klik tab menu Add New Category seperti berikut:

Kemudian centang pada pilihan categories yang ingin Anda kelompokkan terhadap postingan artikel tersebut. Anda dapat mencentang semuanya atau hanya satu saja.

CARA PUBLISH ARTIKEL

Setelah Anda memuat tulisan, gambar, audio, tags, category pada laman postingan. Anda harus mem-publish konten Anda tersebut agar dapat diakses oleh publik. Caranya adalah dengan mengklik tombol menu berwarna biru, bertuliskan Publish dan jadilah satu postingan artikel baru.

Namun sebelum melakukan publish, Anda dapat melakukan pratinjau terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana nantinya tampilan postingan artikel Anda sebelum diakses oleh publik dengan mengklik tombol Preview, sehingga apabila masih terdapat kekurangan Anda dapat melakukan pengeditan kembali.

Anda pun dapat menyimpan terlebih dahulu postingan artikel sebelum di publish dengan mengklik tombol Save Draft. Jika Anda sudah yakin untuk mempublish artikel Anda, maka secara default pada tema bawaan wordpress terkini (saat ini versi 3.8). Tampilan postingan artikel Anda kurang lebih seperti berikut:

Klik link menu View Post (apabila sudah di publish):

Tampilan default:

CARA MENGHAPUS POSTINGAN

Ada kalanya Anda ingin menghapus artikel yang sudah terposting ke publik. Berikut adalah cara untuk menghapus postingan artikel yang sudah di publish:

Pada dashboard wp, arahkan kursor ke menu post dan klik All Post pada drop down menu yang keluar.

Maka akan muncul semua daftar judul artikel yang sudah Anda posting seperti berikut:

Klik link trash dibawah judul postingan yang ingin Anda hapus. Anda juga dapat menghapus sekaligus beberapa postingan dengan mencentang kotak kecil disetiap judul postingan yang ingin Anda hapus, lalu klik menu drop down Move To Trash dan klik Apply seperti berikut:

Setelah itu artikel akan hilang/tidak dapat diakses publik. Namun, apabila Anda melakukan kesalahan, artikel tersebut dapat ditampilkan kembali dengan masuk ke laman Trash dan lakukan cara seperti Anda menghapus artikel sebelumnya namun kali ini lakukan Restore.

Namun, jika Anda ingin menghapus selama-lamanya, maka lakukanlah opsi Delete Permanently.

CARA MEMBUAT LAMAN STATIS

Laman statis merupakan laman konten yang berdiri sendiri dan tidak seperti laman postingan yang selalu berubah-ubah setiap kali ada penambahan artikel. Laman statis biasanya diisi untuk membuat konten seperti laman kontak, tentang (about us), kebijakan, dll.

Cara membuatnya sama dengan cara membuat postingan artikel. Perbedaannya hanya pada menu yang dipilih adalah menu Pages.

Atau

CARA MENGELOLA KOMENTAR

Apabila terdapat komentar yang masuk pada artikel Anda, maka terdapat notifikasi di dashboard wp seperti berikut:

Klik pada menu Comments tersebut untuk melakukan moderasi yakni apakah akan Anda publish atau tidak komentar yang masuk tersebut.

Klik Approve pada komentar yang muncul jika Anda akan mempublish komentar tersebut, klik Reply jika ingin langsung membalasnya, klik Quick Edit atau Edit untuk melakukan perubahan terhadap komentar yang masuk, klik Spam jika komentar yang masuk merupakan komentar dari robot atau klik Trash jika Anda tida mau mempublish komentar yang masuk tersebut.

CARA LOG OUT DASHBOARD WP

Setiap kali Anda selesai mengakses dashboard wp, saya sarankan untuk melakukan log out terlebih apabila Anda membukanya bukan melalui komputer pribadi semisal di warnet. Cara log outnya bisa dilihat pada gambar berikut:




Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates