Thursday, February 19, 2015

Cara Membuat Susu Dari Kacang Kedelai

Cara Membuat Susu Dari Kacang Kedelai

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak aneh lagi dengan yang namanya susu kedelai, yakni susu yang terbuat dari kacang kedelai. Namun, saya yakin masih banyak orang yang belum tahu caranya bagaimana membuat susu dari kacang kedelai. Oleh karena itu, pada tulisan ini saya ingin memberikan tips bagaimana cara membuat susu dari kacang kedelai. Caranya mudah sekali lho.

Akan tetapi sebelum saya berikan tips bagaimana cara membuat susu dari kacang kedelai. Ada baiknya kita tahu dulu manfaat dari susu kedelai ini. Ternyata manfaatnya sangat banyak sekali, salah satunya bisa mengganti asupan gizi/protein bagi bayi/balita yang alergi terhadap susu sapi.

Selain itu, manfaat lainnya bagi kesehatan manusia adalah sebagai antioksidan, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, membalikkan efek endometriosis, mencegah osteoporosis, mengatasi gejala menopause, memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal serta menjaga berat badan.

Bermanfaat sekali-kan susu kedelai ini? Jadi tunggu apalagi, yuk mari kita buat susu kedelai, caranya adalah berikut:

Bersihkan kacang kedelai yang baru Anda beli pada air mengalir (250 gram atau lebih, tergantung Anda mau buat seberapa banyak susunya nanti). Kemudian rendam pada air baru menggunakan wadah (mangkuk, baskom atau apapun itu) selama semalam atau sekitar 8 – 10 jam. Setelah itu tiriskan dan bilas kedelai hingga kulit ari yang membungkus kedelai hilang.

Masukan kacang kedelai tersebut kedalam blender dan giling dengan air secukupnya hingga menjadi bubur. Lalu masukkan kedalam panci diatas kompor dan tambahkan air sesuai selera, jika ingin mendapatkan susu kedelai kental, maka tambahan airnya sedikit, namun jika ingin encer, tambahkan airnya agak banyak.

Didihkan selama kurang lebih 15 – 20 menit dengan diaduk terus menerus dan tambahkan ramuan bumbu-bumbu seperti daun pandan, jahe, cengkih atau kayu manis jika Anda suka. Tambahkan pula gula pasir atau gula merah jika ingin mendapatkan susu kedelai manis. Silahkan kreasikan rasa susu kedelai tergantung selera Anda.

Setelah mendidih, saring dengan kain bersih atau penyaringan biasa. Susu kedelai siap disajikan hangat-hangat atau masukkan kedalam kulkas jika ingin mendapatkan sensasi dingin. Susu kedelai bisa bertahan hingga 3 hari jika dimasukkan kedalam kulkas. Mudah sekali bukan? Silahkan dicoba.
Referensi: Susu Kacang dan dari berbagai sumber

Foto kredit: straining the soy milk
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates