Wednesday, March 28, 2012

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Cara Menyeduh Kopi Yang Benar

Kopi merupakan minuman yang dalam catatan sejarah pertama kali dikonsumsi oleh masyarakat di Benua Afrika dengan metode yang tradisional, yakni mengkonsumsi biji kopi yang dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh. Barulah ketika mencapai Arab yang waktu itu peradabannya sudah lebih maju kopi dikonsumsi secara lebih modern, tidak hanya memasak biji kopi, tetapi juga direbus untuk diambil sarinya. Sekarang ini kopi sudah menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia, semua orang tahu kopi walaupun belum tentu semua orang menyukai kopi.

Kopi Hitam
Apakah Anda penikmat atau pecinta kopi, khususnya kopi hitam? Jika ya, apakah Anda tahu bagaimana cara menyeduh kopi yang benar sehingga menimbulkan rasa kopi yang mantap atau beda apa pun itu jenis atau kopinya? Pasti ada yang sudah tahu dan belum, saya juga sebagai seorang penikmat kopi baru tahu akhir-akhir ini cara menyeduh kopi yang benar (kasihan sekali saya). Biasanya saya menyeduh kopi seperti ini: ambil gelas, masukan kopi serta gula ke dalam gelas tersebut, lalu seduh dengan air panas dan aduk. Namun ternyata cara di atas sebenarnya kurang tepat. Cara yang benar adalah: ambil gelas masukan kopi ke dalam gelas, lalu seduh dengan air panas, aduk sebentar baru kemudian masukan gula dan aduk lagi.

Apabila Anda masih melakukan cara yang pertama, coba Anda lakukan dengan cara yang kedua yakni menyeduh kopi terlebih dahulu baru masukan gulanya terakhir. Bedakan dengan cara Anda menyeduh kopi yang pertama (kopi dan gula dimasukan berbarengan sebelum diseduh dengan air panas), saya jamin Anda bisa merasakan perbedaannya kecuali Anda kurang peka terhadap rasa, hehe. Perbedaan yang saya rasakan adalah rasa kopinya lebih muncul serta dibarengi rasa keasaman dari kopi tersebut dan rasa manis dari gula mengikuti dibelakangnya.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut teman saya yang penikmat kopi dan teman saya yang pernah bekerja di sebuah kafe kopi ternama internasional. Apabila cara menyeduh kopi dilakukan dengan cara pertama, rasa asli kopi akan hilang tertimpa oleh gula dikarenakan menyatu langsung. Namun apabila dilakukan dengan cara kedua, rasa asli kopi tidak akan hilang karena peran gula disana menjadi lapisan yang melengkapi rasa kopi sehingga biasanya rasa manis dari gula tersebut akan terasa dibelakang, kira-kira seperti itulah penjelasan dari teman saya. Sebenarnya saya kurang mengerti dengan penjelasan tersebut, namun saya dapat merasakan bahwa cara yang kedua memang beda dan lebih nikmat. Ok, selamat mencoba!

Foto kredit: Coffee Club
Referensi:
- teman-teman penikmat kopi
Share This

2 comments:

  1. biasanya klo bkin kopi pake cara prtama
    coba pake cara kedua..thanks

    ReplyDelete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates