Monday, June 4, 2012

Cara Mudah Beramal Melalui Internet

Cara Mudah Beramal Melalui Internet


Beramal merupakan suatu hal yang menyenangkan, beramal bukan hanya memberi uang/sedekah kepada orang yang tidak mampu tapi juga bisa dengan jasa tenaga, pemikiran, termasuk kegiatan dalam internet. Mengapa menyenangkan, karena kita dapat membantu mengurangi beban orang lain atau mempercepat suatu urusan orang lain, sedangkan membantu orang lain merupakan hal yang mulia.

Ilustrasi Uluran Tangan
Ada juga pepatah yang mengatakan “banyak memberi, banyak menerima”. Menurut saya pepatah ini memang berfungsi, bila saya perhatikan banyak orang yang sukses karena orang tersebut banyak memberi. Namun, saya pernah bertemu seorang direktur dari salah satu perusahaan holding company yang kantor pusatnya berada di Jakarta. Saya pernah berbincang karena waktu itu kita terlibat dalam suatu pekerjaan.

Waktu itu beliau memberikan saya wejangan agar bagaimana bisa menjadi orang sukses, dari wejangannya tersebut dapat saya ambil kesimpulan bahwa memang “banyak memberi, banyak menerima”. Waktu itu saya lontarkan pepatah tersebut kepada beliau, saya kaget ternyata pepatah tersebut dimatanya adalah salah. Lalu saya tanya mengapa? Dia bilang ketika kita memberi sambil mengingat pepatah tersebut, maka kita memberi dengan tidak ikhlas karena kita mengharapkan pamrih yakni pembalasan dari perbuatan amal kita. Seharusnya dia bilang, kalau memberi ya memberi saja, jangan mengharapkan apa pun. 

Dari situ saya merenung sejenak dan sepertinya memang benar perkataan seorang direktur tersebut. Kita tidak boleh mengharapkan apa pun dari pada apa yang telah kita berikan. Serahkan saja semuanya kepada Tuhan, karena Tuhan Maha Melihat, jika pun kita tidak mendapatkan balasan apa-apa di dunia atas amal yang telah kita perbuat, saya yakin itu akan menjadi amalan yang dapat bermanfaat kelak jika kita sudah meninggal dunia.

Waduh agak melenceng nih dari topik pembahasan, ok kita kembali lagi ke topik. Jadi bagaimana cara beramal melalui internet? Berikut adalah cara beramal yang saya ketahui melalui internet:

  1. Memberikan link balik secara cuma-Cuma
  2. Meng-upload foto atau video dengan menggunakan Creative Common License
  3. Memberikan informasi yang orisinil (tidak copy paste) dan bermanfaat

Sebenarnya masih banyak cara lainnya seperti membuat software gratis atau hal-hal lainnya yang sifatnya lebih rumit, namun itu untuk orang-orang yang memiliki keahlian dalam bidang Informasi Teknologi (IT) – sulit bagi orang-orang yang tidak ahli dalam bidang tersebut termasuk saya untuk melakukannya. Oleh karena itu, saya hanya akan memberi tahu cara yang mudah-mudah saja.

Ada pun mengapa dan atau cara mengenai ketiga hal di atas, Anda bisa membacanya dengan mengklik pada link ketiga cara tersebut. Jika Anda mengetahui cara lain beramal dalam internet selain ketiga hal di atas, silahkan berkomentar disini agar pengetahuan kita semua tentang beramal dalam internet semakin bertambah.

Foto kredit: Give me a hand
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates