Saturday, June 16, 2012

Memberi Link Balik Secara Cuma-Cuma

Memberi Link Balik Secara Cuma-Cuma

Pada postingan sebelumnya saya membuat artikel mengenai mudahnya beramal melalui internet disini. Salah satu cara beramal dalam internet adalah dengan memberikan link balik secara cuma-cuma kepada situs atau blog orang lain. Tetapi mengapa memberi link balik secara cuma-cuma dikategorikan kedalam beramal dalam internet?

Mengapa tidak! Hal ini dikarenakan apabila suatu blog/situs ingin berada di halaman pertama pada mesin pencari (search engine) dengan kata kunci (keywords) yang telah ditentukan, salah satu faktornya adalah banyak blog/situs lain yang memasang link alamat blog/situsnya di halaman mereka, atau disebut juga dengan link popularity. 

Links
Dalam buku Promosi Web dan Registrasi Domain karangan Jasmadi (2004), “link popularity adalah seberapa banyak website lain yang memasang alamat website Anda. Semakin banyak situs lain yang memasang link halaman web Anda maka hasil urutan di search engine akan semakin tinggi”. 

Kemudian link popularity ini dapat diketahui atau dicek melalui pageRank yang merupakan fitur dari search engine google. Diambil dari wikipedia: sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. 

Oleh karena itu, apabila Anda memasang link menuju alamat situs orang lain, Anda telah membantu situs tersebut menjadi populer sehingga hasil search engine terhadap situs tersebut akan lebih baik berdasarkan kata kunci yang dibidiknya. Sedangkan suatu situs apabila ingin memiliki traffic yang tinggi harus bisa berada dihalaman pertama pada search engine karena kebanyakan orang mencari informasi melalui search engine. 

Oleh karena itu, memberikan link balik secara cuma-cuma tanpa meminta timbal balik (link balik satu arah) merupakan suatu amalan. Dengan kata lain, Anda telah membantu orang lain agar situsnya bisa mendapatkan traffic/pengunjung yang lebih banyak, sedangkan orang yang membuat situs pasti ingin agar situsnya dapat dikunjungi banyak orang.

Biasanya orang memberikan link balik secara cuma-cuma ini sebagai sumber referensi tulisannya seperti yang dilakukan oleh wikipedia ensiklopedia bebas yang selalu memasang link balik ke sumber tulisannya, atau seperti yang dilakukan oleh teman saya pada blognya bernadaindo. Ayo, tidak usah ragu untuk memberikan link satu arah terhadap alamat situs orang lain jika Anda mendapatkan referensi tulisan dari situs lain karena hal itu merupakan satu amalan buat Anda.

Foto kredit: Links by clips
Referensi:
Buku Promosi Web & Registrasi Domain karangan Jasmadi (2004)
Share This

1 comment:

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates