Thursday, August 9, 2012

Rencana Gebrakan Facebook

Rencana Gebrakan Facebook

Seperti yang kita ketahui, Facebook saat ini merupakan situs jejaring sosial paling populer di dunia. Menurut data terakhir pada bulan Juni 2012, pengguna aktif Facebook saat ini kurang lebih sebanyak 955 juta orang (wow). Itu artinya seperdelapan lebih penduduk di dunia ini menggunakan Facebook (jumlah penduduk dunia saat ini kurang lebih 7 miliar). Bukan hanya untuk mencari teman atau berhaha-hihi dengan kerabat diberbagai belahan dunia, Facebook juga dapat membantu kita untuk memperbesar jaringan bisnis, bermain game, beriklan, dll. 

Berdasarkan Alexa Rank, ranking Facebook saat ini adalah nomor 2, masih dibawah Google. Sedangkan Page Rank-nya adalah 9 dari total 10 atau sama dengan Google. Melihat data tersebut, dapat dikatakan Facebook sebagai situs jejaring sosial saya anggap sudah sukses. Lalu, apa rencana gebrakan yang akan dilakukan Facebook?

Menurut kabar yang beredar, dikatakan Facebook saat ini sedang bekerja keras untuk membuat search engine (mesin pencari) sendiri, karena saat ini fasilitas search yang dimiliki Facebook masih menggunakan Bing. Lantas, memangnya kenapa jika Facebook memiliki mesin pencari sendiri? Dikatakan bahwa jika Facebook membuat mesin pencarinya sendiri, maka Facebook-lah yang bisa mengganggu hegemoni Google (bukan Yahoo! atau pun Bing). 

Mengapa demikian? Yahoo! dan Bing saja sampai saat ini belum bisa mengganggu kerajaan google, apalagi Facebook sang anak baru? Namun, dari berbagai sumber saya baca bahwa nantinya jika seseorang mencari suatu informasi dengan kata kunci (keywords tertentu) hasil pencarian (search result) dari Facebook akan lebih mengena (website-website hasil pencariannya tepat dengan apa yang dicari oleh pengguna/efektif). Hal ini dikarenakan, Facebook memiliki data base pengguna sebanyak 955 juta orang (sangat mungkin bertambah lagi) yang biasanya kebanyakan dari mereka sering men-share suatu informasi yang ada di internet dan menurut mereka menarik ke wall Facebook. Kemudian dari data base orang yang suka me-like informasi yang ada di suatu website atau me-like melalui fan page Facebook.        
       
Namun, Google pun tidak tinggal diam. Mereka sudah mengantisipasinya dari sekarang. Terbukti dengan adanya fitur plus one button-nya Google. Fitur plus one ini sama halnya dengan fitur like-nya Facebook. Sehingga hasil pencarian terhadap suatu kata kunci yang akan berada dihalaman pertama Google akan mengedepankan situs yang banyak diklik fitur plus one-nya, sehingga diharapkan hasil pencarian menjadi lebih efektif.

Menilik dari mengapa Facebook berniat membuat search engine? Ada yang bilang dikarenakan Google membuat situs jejaring sosial yang ingin mengganggu hegemoni Facebook yakni Google plus (Google +, saat ini memiliki pengguna aktif sebanyak kurang lebih 250 juta orang). Maka Facebook pun ingin membalasnya dengan merebut pasar search enginenya Google. Tetapi ada yang bilang sebaliknya, Google membuat situs jejaring sosial yakni Google + dikarenakan Facebook duluan yang berniat membuat search engine sendiri.

Google + vs Facebook
Apapun alasannya, jika memang benar nantinya ada Facebook search engine yang katanya dipimpin oleh mantan petinggi Google dalam hal pembuatannya yakni Lars Rasmussen, saya tidak sabar untuk memperhatikan perang tersebut, karena saya yakin jika terjadi, nantinya akan ada produk-produk luar biasa dari mereka sebagai bahan peperangan namun bisa menjadi produk yang enak dinikmati bagi pengguna internet (konsumen seperti saya dan kebanyakan orang). 

Pada akhirnya jika memang benar-benar terjadi. Mana yang akan Anda dukung? Facebook-kah atau Google-kah?

Foto kredit: Google+ vs Facebook
*Dari berbagai sumber
Share This

No comments:

Post a Comment

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates