Wednesday, September 26, 2012

Jangan Berikan Musik Anda Tanpa Lisensi CC

Jangan Berikan Musik Anda Tanpa Lisensi CC

Mengapa harus diberikan jika Anda bisa menjualnya? Mungkin kalimat pertanyaan saya tersebut berlaku untuk para musisi mainstream dan tidak untuk kebanyakan musisi indie di Indonesia. Namun, tentunya jika bertanya kepada para musisi indie - mereka menginginkan musik mereka dapat dijual sehingga hasil karya mereka bisa menjadi mata pencaharian utama mereka. Tetapi apa mau dikata, jika mereka menjual musiknya, mereka akan kesulitan dalam mempromosikan musiknya terlebih jika mereka merupakan musisi indie yang baru muncul.

Berbeda dengan para musisi mainstream yang kegiatan promosinya didukung oleh label rekaman mereka sehingga mereka tidak perlu menggratiskan musik/albumnya. Para pelaku indie musik biasanya menggratiskan musik mereka sebagai salah satu sarana promosi mereka agar musiknya dapat dikenal oleh khalayak ramai, jika tidak, sangat sulit adanya orang yang mau membeli musik mereka sedangkan mereka belum tahu musiknya serta belum mengenal betul band/musisi tersebut.

Nah, yang saya tahu kebanyakan musisi indie di Indonesia sering menggratiskan album pertama mereka melalui blognya atau melalui situs jejaring sosial. Menurut saya itu memang cara yang paling ampuh saat ini bagi para musisi indie untuk memperkenalkan musik mereka. Hanya saja mereka sepertinya belum tahu banyak dengan Lisensi Creative Commons  (CC). Kebanyakan mereka tidak menggunakan lisensi CC untuk memberitahukan karya mereka tersebut adalah gratis, namun hanya dengan tulisan “silahkan download gratis”. Padahal dengan menggunakan lisensi CC, terdapat beberapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mempublikasikan musik Anda dengan lisensi CC:

·         Kejelasan Hak Cipta
Dengan menerbitkan musik Anda dibawah lisensi CC, audiens mengetahui betul apa yang dapat mereka lakukan dengan musik gratis Anda. Apakah bisa dipakai untuk penggunaan kembali secara komersial (misal dijadikan backsound dalam pembuatan video) atau tidak bisa digunakan kembali secara komersial.

·         Keuntungan Dari Mesin Pencari
Mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo! akan mengerucutkan hasil pencarian berlisensi CC. Apabila ada orang yang mencari musik berlisensi CC, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk menemukan musik Anda.

·         Mendapatkan Link Balik
Jika ada seseorang yang membutuhkan konten musik untuk kepentingan websitenya, serta orang tersebut paham betul mengenai cara penggunaan konten berlisensi CC – jika Anda mengizinkan orang lain menggunakan musik Anda untuk kepentingan komersial mereka namun dengan syarat harus ada atribusi. Biasanya mereka akan memberikan link balik kepada karya Anda sebagai atribusi atau tanda terima kasih mereka. 

Jadi jangan berikan musik Anda tanpa lisensi CC! Contoh musisi indie yang menggratiskan musik mereka dibawah lisensi CC adalah Efek Rumah Kaca.

Foto kredit: Untitled
Share This

1 comment:

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates