Tuesday, January 15, 2013

5 WP Plugin Yang Harus Anda Punya

5 WP Plugin Yang Harus Anda Punya

Apabila Anda sedang belajar membuat situs menggunakan Platform Wordpress (WP), Anda akan mulai mengenal dengan plugin-plugin yang bisa dipakai untuk meng-optimalkan situs WP Anda. Banyak sekali plugin berbayar maupun gratis yang dapat Anda pakai untuk meng-optimalkan situs WP Anda mungkin ada ribuan pilihan. Jika Anda baru menggunakan WP, mungkin Anda sedikit kebingungan plugin mana yang harus Anda pakai?

Sebetulnya plugin mana saja yang Anda pakai tergantung dari tujuan situs WP Anda dibuat untuk apa. Akan tetapi, ada 5 WP plugin dasar yang harus Anda punya. Berdasarkan pengalaman saya, 5 WP plugin ini sangat bermanfaat sebagai plugin dasar apa pun tujuan situs WP Anda dibuat. Berikut adalah kelima WP plugin yang harus Anda punya:

Akismet
Akismet merupakan plugin yang menurut saya paling utama digunakan apabila Anda membuat situs WP. Kegunaannya adalah untuk menyaring komentar spam yakni komentar yang dilakukan oleh robot (komentar yang bukan dilakukan oleh manusia/komentar sampah). Jika Anda menggunakan WP, Akismet sebetulnya sudah terinstal secara otomatis hanya saja Anda memerlukan aktivasi. Lihat pada postingan saya disini untuk mengetahui cara aktivasi Akismet.

Google Sitemap Generator
Google sitemap generator berfungsi untuk men-generate spesial XML sitemap yang membantu situs Anda terindeks dengan cepat dan baik oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing dan Ask.com. Plugin ini sangat penting dimana semua orang biasanya menggunakan mesin pencari tersebut diatas untuk mencari informasi di internet. Jadi pastikan situs WP Anda terindeks oleh mesin pencari dengan memakai plugin ini. Anda bisa mendapatkan plugin ini disini.

All In One SEO Pack
Terindeks saja pada mesin pencari belum cukup bagi situs Anda untuk bisa bersaing dengan banyaknya situs lain. Anda harus bisa meng-optimalkan informasi apa yang Anda berikan melalui situs Anda dengan menggunakan plugin All In One SEO Pack. Anda bisa mendapatkan plugin ini disini.

404 Redirection
Terkadang ada link internal dari situs Anda yang tidak bisa diakses dikarenakan Anda mungkin salah menautkan alamat link Anda. Hal ini berpengaruh terhadap Google Page Rank (jika ada link mati, maka ranking situs Anda bisa turun berdasarkan penilaian Google). Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda membutuhkan plugin 404 Redirection. Plugin ini berfungsi untuk mengalihkan link mati pada situs Anda agar otomatis menuju link beranda Anda (url situs utama Anda). Anda bisa mendapatkan plugin ini disini.

W3 Total Cache
W3 Total Cache berguna untuk peng-optimalan kecepatan akses situs WP Anda karena bisa mengurangi waktu download pengakses situs Anda. Plugin ini bekerja pada browser, laman, objek, database, minify dan CDN situs Anda. Anda bisa mendapatkan plugin ini disini.

Kelima WP plugin tersebut bisa Anda dapatkan dengan gratis. Silahkan bagi yang tahu plugin apa lagi yang penting untuk membangun sebuah situs Wordpress, mohon berbagi info melalui kolom komentar dibawah, terima kasih.

Share This

6 comments:

  1. penting neh pluginnya buat wp..wah ane pake blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pke blogspot aman aja mas, punyanya google ini.

      Delete
  2. Untungnya menggunakan blogsot... tapi sekarang saya malah kelimpungan buat tombol reply gak bisa2. fiturnya gak adaan, mau buat manual, eehh ribet :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti aja templateny klo bgitu Mbk Herri.. :D

      Delete
    2. Tapi saya suka templatenya... ada ide tak? solusi :D

      Delete
    3. sy blm pernah utak-atik itu.
      mudah2an ada yg baca komen mbk & bs menolong mbk.

      Delete

Designed By Seo Blogger Templates- Published By Gooyaabi Templates